Selasa, 28 Februari 2012

Suaka Morowali

Pesisir pantai Hutan Lindung Marowali.
Morowali yang berarti ‘gemuruh’ dalam bahasa Wana dan merujuk kepada bunyi sungai yang mengalir di bebatuan. Morowali terletak jauh di ujung timur propinsi ini di Kecamatan Bungku Utara dengan luas 160.000 ha, dengan gunung, danau hutan dan saluran banjir. Suatu suaka alam yang baru pernah dikunjungi oleh suatu ekspedisi Inggris Operation Drake pada tahun 1979 sebagai penelusuran perjalanan keliling dunia. Tuan Francis Drake dengan kapalnya “The Golden Hind” yang berlabuh di salah satu pantai pada tahun 1580. Para ahli menghubungkan “Operation Drake” dengan sebuah survei keadaan hutan iventaris tanaman, binatang dan serangga serta penelitian biologi kelautan di daerah tersebut. Ada 5 sungai yang mengalir melalui suaka tersebut. Daerah pelabuhan bergunung-gunung dan dihuni oleh Suku Wana yang suka berpindah-pindah. Daerah ini dapat dihubungkan dengan Bone melalui Pesawat Cesna misioner ke Tokala Atas dan Beteleme. Dengan perjalanan 6 – 7 jam menggunakan jeep daerah ini dapat ditempuh dari Tentena ke Kolonodale. Kolonodale memiliki sebuah hotel tetapi tidak ada tempat menginap yang memungkinkan di kawasan suaka tersebut kecuali hanya mengharapkan kemurahan hati masyarakat Bajo di pantai atau Wana di daratan.
Rumah di atas laut suku Bajoe.
Rumah Suku Wana Pinggiran Hutan lindung Marowali.
Cagar Alam Morowali
Cagar Alam Morowali (CAM) luasnya 225.000 Ha terletak di Kabupaten Morowali. CAM berfungsi sebagai pelindung hutan tropis di Pulau Sulawesi. Ekosistem yang ada dalam kawasan lindung beranekaragam mulai dari pantai, hutan mangrove, hutan alluvial dataran rendah, hutan rawa, hutan pegunungan dan hutan lumut pada ketinggian 2.600 meter di atas permukaan laut. Kawasan ini juga memiliki danau dan tiga sungai utama.
Dalam kawasan CAM terdapat masyarakat tradisional Suku Wana berjumlah sekitar 2.000 orang. Masyarakat Wana yang belum mengenal kehidupan moderen berdomisili di Desa Posangke, Kayupoli, Uwewaju, Ratobae, Sangkoe dan Langada. Mereka menjadi obyek penelitian para ilmuwan dan studi bagi para pelajar.
CAM yang juga dihuni berbagai jenis binatang pernah disinggahi oleh Sir Francis Drake seorang pelaut  dari inggris pada abad XV. Untuk mengenang petualangan Drake, tahun 1980  dilaksanakan duplikat Operation Drake. Lokasi CAM dapat ditempuh dengan bus dari Kota Palu ke Kolonedale sejauh 431 KM atau 10 jam perjalanan. Dari Kolonedale perjalanan dilanjutkan dengan motor laut selama 1 jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar