Minggu, 26 Februari 2012

Pulau Togean (2)

Pulau Togean memiliki keindahan alam bawah laut yang sangat mempesona dengan berbagai karang tropis berukuran besar serta berbagai spesies ikan hias dan kepiting kenari yang menjadikan kawasan ini sangat cocok untuk aktivitas menyelam. Keindahan Togean tidak hanya dapat ditemui di bawah air, eksotisme pantai berpasir putih lengkap dengan rumah di atas laut yang dihuni suku Bajou serta hutan lebat akan membawa kamu seolah ke belahan dunia lain. Selain menyelam, berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini antara lain memancing, berlayar serta berjemur sambil menikmati indahnya matahari tenggelam.



Kepulauan Togean terletak di Kabupaten Tojo Unauna Sulawesi Tengah. Untuk menuju Togean, Anda dapat menempuh perjalanan darat selama dua jam dari Kabupaten Poso ke Ampana – Tojo Unauna yang dilanjutkan naik perahu motor.

Pulau-pulau karang serta kawasan hutan yang masih perawan dan menjadi tempat perlindungan hewan-hewan yang ada di dalamnya ikut menambah kecantikan alam kepulauan yang terletak di tengah-tengah telu Tomini ini. Bicara tentang pulau karang, Togean merupakan satu-satunya tempat di Indonesia yang memiliki tiga lingkungan karang yagn berbeda, yaitu karang barier, karang pantai dan karang atol yang semuanya menjadi habitat dari flora dan fauna laut.

Karang Barier memiliki kedalaman sekitar 200 m dan muncul di permukaan setinggi beberapa meter berjajar mengelilingi pulau seperti benteng untuk melindunginya dari terjangan ombak. Karang Atol merupakan pulau karang dengan danau yang dalam di tengahnya.



Dengan total 60 pulau besar dan kecil yang membentang sepanjang 90 km, Togean menyimpan kekayaan yang mencengangkan. Dari data survei yang dilakukan oleh Conservation International Indonesia, ditemukan ratusan jenis terumbu karang, ikan, moluska dan beberapa hewan langka di pulau ini. Tidak aneh jika kemudian pemerintah menetapkan Pulau Togean sebagai taman nasional. Hutan-hutan di Togean ini dihuni oleh babai hutan dan Tangkasi yang hanya dapat ditemukan di Sulawesi. Tangkasi (Tarsius Spectrum) merupakan binatang malam seukuran tikus yang memangsa serangga dan binatang-binatang kecil.

Beberapa objek wisata menarik di Togean ini antara lain :
Palau Batudaka merupakan pulau terbesar dan merupakan pulau yang paling mudah dicapai di kawasan ini. di sini terdapat desa Bomba yang merupakan kawasan pemukiman dan desa Wakai sebagai pelabuhan untuk menuju ke pulau Kadadiri. Di desa Bomba, kamu dapat mengunjungi goa kelelawar, air terjun serta melakukan aktivitas berenang dan snorkeling. Selain itu, di pulau ini, terdapat juga hutan bakau dengan panorama yang mempesona.

Berbeda dengan pulau-pulau lain yang berpasir putih, Pulau Una-una memiliki pasir pantai berwarna hitam. Hal ini disebabkan karena proses pembentukan pulau Una-una yang berasal dari letusan gunung berapi. Di pulau ini dapat dijumpai gunung Colo, gunung berapi aktif setinggi 2.509 m yang pernah meletus pada awal tahun 80an. Pulau Una-Una ini dipercaya memiliki kawasan menyelam terbaik di seluruh Togean.

Pulau Kadadiri merupakan objek wisata utama di Togean. Dengan pantai yang sangat indah dan cocok untuk aktivitas trekking, deretan batu karang terjal habitat kepiting karang serta lokasi snorkeling dan menyelam yang sempurna akan membawa pengalaman tak terlupakan bagi Anda. Jika ingin menghabiskan malam di pulau ini, ga perlu kuatir soal penginapan karena Pualu Kadaddiri sudah dilengkapi dengan fasilitas penginapan murah. Jika masih belum puas dengan keindahan alam, Pulau Kadaddiri juga menyimpan wisata sejarah perang dunia II. Bertolaklah ke timur laut sejauh 16 km dan kamu akan menemukan bangkai pesawat B24, pesawat pembom milik sekutu yang menjadikan perjalanan wisata anda bagaikan perjalanan berburu harta karun.

Jika Anda gemar menyelam, Pulau Taipi adalah lokasi yang tepat untuk menyalurkan hobi. Tidak perlu menyelam jauh hingga ke tengah laut, karena dunia lain itu sudah bisa anda jumpai 5m dari garis pantai.

Ingin menghabiskan waktu dengan memancing? Kunjungilah Pulau Kundurang yang berlokasi di tengah laut Karang Anda akan terpesona oleh keindahan karang dan kejernihan airnya.

Pulau Siatu dihuni oleh suku Bajo, suku laut yang legendaris. Di sini anda akan disuguhi pesona eksotika pemukiman suku Bajo yang membangun rumahnya di atas air.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar