Senin, 07 Mei 2012

Hang Song Dong, Gua Terbesar di Dunia

Bagian gua terbesar di dunia ditemukan jauh di dalam sebuah hutan terpencil di Vietnam. Gua The Son Doong berukuran 262 kaki dengan 262 kaki (80 meter dengan 80 meter) dan sedikitnya 2,8 mil (4,5 kilometer) dalam, sehingga bagian gua terbesar yang pernah ditemukan, menurut National Geographic News, dimana penemuan tersebut diumumkan. Pemegang rekor sebelumnya, Gua Rusa di Malaysia, adalah 300 kaki dengan 300 kaki (91 m 91 m) di bagian, tetapi hanya sekitar (km 1,6) mil panjang.

[Image: worlds_biggest_cave_01.jpg]

[Image: worlds_biggest_cave_02.jpg]

Quote:Sebaliknya, penjelajah berjalan 2,8 mil (4,5 kilometer) ke Gua Son doong, di Phong Nha-Ke Bang National Park, sebelum diblokir oleh banjir musiman-dan mereka berpikir bahwa bagian itu akan lebih lama lagi.
Selain itu, untuk beberapa mil Gua Son doong mencapai lebih dari 460-by-460 kaki (140-by-140 meter), kata Adam Spillane, anggota ekspedisi Gua Asosiasi Riset Inggris yang menjelajahi gua besar. Spillane berada di pertama dari dua kelompok untuk memasuki gua. Timnya mengikuti bagian sejauh dinding 46 kaki-tinggi (14-meter-tinggi).


Sebuah gua di dalam Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang, Vietnam digadang-gadang sebagai gua terbesar di dunia. Betapa tidak, lebar rongganya mencapai 150 meter dan tingginya 200 meter.

"Gua tersebut panjangnya 6,5 kilometer saat ini namun ujung rongganya masih berlanjut dengan dinding kalsit setinggi 45 meter yang menghentikan langkah kami," ujar Adam Spillane, salah satu anggota tim ekspedisi dari Inggris yang menelusuri gua tersebut.

Gua yang diberi nama Hang Son Doong atau berarti gua sungai pegunungan itu ditemukan pertama kali oleh penjaga hutan bernama Ho Khanh tahun 1991. Namun tak seorang pun yang pernah menelusurinya karena besarnya serta tekanan angin yang tinggi karena adanya sungai bawah tanah yang sangat besar.


Sebanyak 13 orang gabungan penjelajah dari Universitas Sains Vietnam dengan penjelajah Inggris akhirnya menggelar Caving Expedition 2009 masuk ke dalam gua. Mereka menghabiskan waktu lima hari pada pertengahan April lalu untuk menyurvei jalur gua.

Dengan membawa alat ukur berbasis laser LaserAce 300, tim dapat mengukur tinggi langit-langit dan lebar rongga di sepanjang perjalanan dengan harapan dapat membuat petanya. Saat ini datanya masih dianalisis.

Namun, hasil laporan awal menunjukkan besar rongga utamanya mencapai dua kali lipat rekor gua terbesar saat ini.

Jadi, Hang Son Doong mungkin gua terbesar yang ada di dunia saat ini.


[Image: worlds_biggest_cave_03.jpg]

[Image: worlds_biggest_cave_04.jpg]

"Tim kedua yang masuk mendapati banjir keluar, "katanya. "Kami akan kembali tahun depan untuk memanjat dinding gua itu dan mengeksplorasi lebih lanjut."

[Image: worlds_biggest_cave_05.jpg]

[Image: worlds_biggest_cave_06.jpg]

[Image: worlds_biggest_cave_07.jpg]

[Image: worlds_biggest_cave_08.jpg]

[Image: worlds_biggest_cave_09.jpg]

[Image: worlds_biggest_cave_10.jpg]

[Image: worlds_biggest_cave_11.jpg]

[Image: worlds_biggest_cave_12.jpg]

[Image: worlds_biggest_cave_13.jpg]

[Image: worlds_biggest_cave_14.jpg]

[Image: worlds_biggest_cave_15.jpg]

[Image: worlds_biggest_cave_16.jpg]

[Image: worlds_biggest_cave_17.jpg]

[Image: worlds_biggest_cave_18.jpg]

[Image: worlds_biggest_cave_19.jpg]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar