Minggu, 29 Juli 2012

Modifikasi Pengapian Vespa menggunakan Coil Mobil

Modifikasi Pengapian Vespa menggunakan Coil Mobil
Anda termasuk penggemar vespa racing? Atau hanya sekedar suka pada vespa yang ngebut. Banyak cara yang dapat digunakan untuk membuat vespa menjadi sedikit ngacir. Salah satu caranya dengan modifikasi pengapian vespa menggunakan coil mobil. Lho..memang bisa....? Hah untuk menjawab pertanyaan ini dan rasa heran anda, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai modifikasi pengapian vespa menggunakan coil mobil.


Menggunakan coil mobil pada vespa adalah hal yang sah-sah saja. Menurut salah seorang scooterist asal Pekalongan (Lampung Timur) Sigit, menggunakan coil mobil pada vespa bisa saja namun banyak yang harus dipertimbangkan untung ruginya. Sigit menjelaskan coil yang cocok dan pernah digunakan adalah coil mobil toyota kijang dan daihatsu namun keduanya adalah coil untuk mesin yang masih menggunakan karburator alias mesin lawas. Menurut Sigit yang perlu diperhatikan jika memakai coil mobil ini adalah coil mobil harus coil mobil bekas, kemudian ganti kabel coil dengan kabel yang lebih kuat dan yang utama adalah settingan mesin.

Menggunakan coil mobil yang bekas di maksudkan agar pengapian tidak menjadi over atau berlebihan yang dapat mengakibatkan pengikisan pada piston atau boros busi karena pengapian akan menjadi luar biasa. Menurut pengalaman sigit lompatan api dari coil bisa mencapai 10cm lebih (wuihhh ngeri ga tu). penggunaan coil bekasi ini dengan harapan sudah ada penurunan tegangan pada coil. Sedangkan penggantian kabel dengan tujuan agar kabel tidak terbakar pada saat perjadi aliran listrik.

Modifikasi Pengapian Vespa menggunakan Coil Mobil
Busi Racing
Selain coil bekas dan penggantian kabel yang perlu diperhatikan adalah busi dari vespa itu sendiri. Sigit menyarankan agar menggunakan busi racing. Mengapa demikian? Karena dari hasil pengalaman pemakaian busi biasa hanya bisa bertahan antara 4-7 hari hal ini disebabkan oleh dioda pada busi biasa akan habis terkikis pada saat pembakaran. Jika menggunakan busi racing, busi akan menjadi agak awet.

Faktor yang ga kalah peting yang perlu diperhatikan adalah settingan mesin. Karena pengapian yang sangat besar maka proses pembakaran akan semakin cepat. Sigit menjelaskan jika pada pengapian biasa bahan bakar akan terbakar pada saat piston menekan campuran bahan bakar dan udara pada kubah blok maka baru terjadi ledakan akibat pembakaran. Namun jika memakai coil mobil maka sebelum piston mencapai titik tolak bahan bakar sudah terbakar dan terjadi ledakan maka terjadilah yang disebut knocking dan bisa dipastikan piton stang seher dan as kruck anda siap-siap jadi korban. Untuk mengatasinya butuh sedikit korekan pada block namun hanya mekanik yang sudah berpengalaman saja yang bisa dan tau perhitungannya.

Untung dan Ruginya Modifikasi Pengapian Vespa menggunakan Coil Mobil

Sebelum melakukan modifikasi pengapian vespa menggunakan coil mobil. Sigit menyarankan agar anda mempertimbangkan untung ruginya. Keuntungan memodifikasi pengapian vespa menggunakan coil mobil ini adalah vespa jadi lebih bertenaga, lebih ngacir dan pembakaran sempurna. Namun Sigit juga mengingatkan akan hal-hal buruk yang bisa terjadi misalnya piston yang berlubang karena pengapian yang besar membuat piston anda terkikis, stang seher dan as kruck yang hancur akibat knocking dan mesin mogok akibat padas yang berlebihan pada mesin vespa. Nah sebelum anda mencoba ada baiknya anda pertimbangkan dulu matang-matang.-

1 komentar: