Sudah pernah  lihat film Quadrophenia (1979) ???…atau kalau ngga,  sudah pernah lihat  rekan-rekan club skuter lagi kongkow-kongkow,  nahhhh…disitu pasti  sampean akan melihat banyak sekali ubahan atau  modifikasi pada skuter  Vespa yang dimodel bermacam-macam. Okeiii…kali  ini, saya akan sedikit  menjabarkan beberapa aliran modifikasi yang kerap  kali dianut oleh  masing-masing scooterist.
 
- Classic Vintage.
Acuan  dari modifkasi ini adalah merestorasi kembali motor Vespa  kekondisi  awal. Banyak sekali para scooterist yang menganut aliran ini,   dikarenakan lebih simpel dan mudah dalam pengerjaan, maka modifikasi ini   kerap kali dijadikan acuan dalam membangun motor kesayangannya. Tidak   banyaknya pernak pernik yang menempel pada body motor, kesan apik dan   resik pada sisemok, menjadi tonjolan utama pada modifikasi ini. Dan   terus terang saya pribadi juga penganut aliran classic vintage pada   ‘nyah sexy’. Kesan retro nan jadoel kian menambah nilai lebih pada   skuter yang dijadikan tambatan hati para penyemplaknya.
 
- Brit Style.
 Brit Style atau British Style adalah aliran yang pertama kali   dipopulerkan dinegeri Victoria, penggunaan kaca spion berlebih,   pemasangan aksesoris lampu, windshield tinggi menjulang, besi behel   protektor depan-belakang, wisssss…pokoknya segala macam antribut   berkesan blink-blink nempel pada sekujur body sisemok. Sebenarnya bukan   tanpa sebab para skuter lovers memasang berbagai aksesori seperti   diatas, kesan manis, gagah dan unsur proteksi extra pada body motor jika   terjadi kecelakaan bisa diminimalisir. Dan jika sampean penyuka   berbagai hal yang berbau blink-blink plus rame, bisa menjadi   pertimbangan dalam memilih aliran modifikasi ini.

- Racing Look.
 Sama seperti judulnya, kesan sporti bak pemburu kecepatan, kerap   dijadikan rujukan speed freakers para penggemar skuter. Pemasangan stang   trondol, pemangkasan tinggi dan coak tebeng depan, jok single seater,   pengaplikasian perpindahan gigi model cungkil layaknya motor sport,   ber’air scoop, pemakaian knalpot racing harus wajib, dan kondisi mesin   korek habis…jauh dari kata orisinil standar mesin Vespa. Sebenarnya   ubahan seperti ini hanya cocok untuk arena balap dan tidak akan nyaman   untuk dikondisikan dijalan raya, apa sebab…??? jika melihat motor yang   lebih kencang, bawaannya pengin ngejar dan mendahului sejauh mungkin 

 .

- Chopper Style.
 Arahan modifikasi yang lebih banyak berkiblat pada motor-motor chopper   khas produk Harley Davidson, menjadi acuan utama para penikmat modif   ini. Pemotongan sasis body secara total, pembentukan rangka baru,   pengaplikasian shockbreker motor batangan, penggunaan ban belakang lebih   gembot dari pada depan, jok single seater, perancangan sudut rake yang   dibuat centang dan penggunaan knalpot free flow adalah ciri khas dari   modifikasi ini. Biasanya biaya modif yang dihabiskan untuk membuild up   satu Vespa Chopper hampir sama dengan membeli motor bebek Jepang 2nd.   Selain untuk tampil beda, kebanyakan para penggila modifikasi ini adalah   kaum muda yang ingin tampil berbeda alias out of the box 

 .

- Rat Bikers.
 Satu lagi modifikasi nyleneh bin ajaib, segala macam barang berguna   maupun tidak berguna biasanya nangkring dimotor ini. Pemasangan sespan   abal-abal, pemanjangan sasis tengah, dan kesan dekil nan lusuh adalah   ciri utama dari ubahan Rat Biker pada Vespa. Suara parau kenalpot free   flow yang memekakkan telinga kadang menjadi kenikmatan tersendiri bagi   si riders. “Masa bodo dengan yang tidak menyukainya…yang penting aku   enjoy”, itu mungkin ungkapan bagi penikmat modif ini. Segala unsur   ketidaknyamanan bagi bikers waras dan terbebas dari perangkat safety   riding dalam berkendara adalah menu wajib bagi skuter yang terjangkiti   aliran ini.

- Ekstrem.
Kalau  yang ini bisa dikatakan sebagai arahan modifikasi yang benar-benar   total berbeda dengan yang lain, kenapa bisa seperti itu? karena sudah   tidak mempunyai pakem yang jelas. Kondisi sudah diluar model standar   pabrikan, penambahan atau mungkin malah pembentukan ulang design dan   model dari nol adalan konsep yang biasanya banyak diambil oleh para   penikmati modif ini.

- Low Riders.
Dan  yang terakhir adalah modifikasi Low Riders alias ceper. Tidak  mengenal  itu kendaraan roda 4 atau 2, pasti pernah menerapkan modif ini,  memang  modifikasi ceper tidak pernah mati. Dalam dunia skuterpun juga  bisa  terjangkiti wabah ini, tidak mengenal itu basic modif vintage  classic,  chopper style, ataupun rat bikers, bisa saja menerapkan unsur  ceper  pada skuternya. Tapi awas, jika sampean mengaplikasikan model  ceper di  vespa kesayangan, hal yang perlu dijauhi adalah polisi tidur  dan jalan  yang makadam.

Demikian dari saya,
Salam.
     http://dwinugros.wordpress.com/2010/11/17/tipe-model-aliran-modifikasi-vespa/